SMP & SMA Hasanuddin Wajak

nuzulul qur’an sebagai puncak giat manggala ramadhan 1445 h

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Giat Manggala Rramadhan merupakan salah agenda tahunan di Pesantren Terpadu Darul Ihsan. Pada bulan suci Ramadhan1445 H kali ini Giat Manggala Ramadhan atau yang biasa kita sebut GMR dilaksanan dalam dua tahap, yang pertama GMR dilaksanakan pada Minggu-Rabu tanggal 24-27 Maret 2024 dengan peserta secara umum yaitu dari kelas VII sampai kelas X, dan kelas XI bertugas sebagai panitia. Sedang tahap kedua GMR Khusus dilaksanakan pada Kamis-Jum’at tanggal 28-29 Maret 2024 dengan peserta dan panitia dari kelas XII. Tema yang diusung kuga berbeda dimana pada tahap pertama mengedepankan tentang bagaimana memperbaiki diri di bulan suci dan tahap kedua dengan kelas XII sebagai peserta mengangkat tema Meneguhkan Aqidah Menumbuhkan Budi Mulya dalan rangka memperingati Nuzulul Qur’an.

Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang penuh berkah. Sebab di bulan ini Allah memberikan berlipat pahala bagi orang yang mengerjakan kebaikan. Buka bersama, shalat berjama’ah, shalat tarawih , tadarus, shalat tahajud, serta shalat dhuha merupakan bebarapa ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan untuk mendapatkan pahala yang dijanjikan Allah SWT. Selain itu ada juga penyampaian materi yang beberapa diantanya berhubungan dengan puasa, zakat, thaharoh, serta untuk kelas XII mengenai bagaimana cara bersosialisasi yang baik yang disampaikan oleh alumi Haswada tahun 2006 yaitu Bapak Deni Wahyu Ashari, M.Pd.b

Untuk itu, SMP-SMA Hasanuddin Wajak mengadakan kegiatan “Giat Manggala Rramadhan” kegiatan ini merupakan program kerja dari BKSDI dan BESDI, seluruh kelas VII sampai XII dijadwalkan untuk mengikuti kegiatan GMR secara bergantian, selain kegiatan GMR Haswada juga melakukan kegiatan berbagi lewat penyaluran zakat fitrah yang dibayarkan oleh siswa siswi SMP-SMA Hasanuddin. Selain untuk para warga disekitar sekolah zakat fitrah juga diberikan kepada siswa siswi yang kurang mampu.

Kegiatan ini mengajarkan karakter berbudi mulya dan berbagi kepada sesama untuk menambah kesempurnaan ibadah di bulan Ramadhan ini. Menyalurkan zakat kepada warga sekita sekolah juga dapat mempererat hubungan sosial dan meningkatkan rasa empati antara sesama.

Inti peringatan Nuzulul Qur’an adalah agar umat Islam mengambil hikmah atas turunnya Al-Quran. Dengan begitu, umat diharapkan menjadi semakin dekat dengan Al-Qur’an, semakin rajin membaca, mentadabbur makna, dan mengamalkannya. mari perbaiki diri di bulan ramadhan yang suci dan penuh berkah ini agar selalu tertanam sikap berbudi mulya dalam diri kita. Karena setiap kebaikan yang kita akan dilipatgandakan sesuai janji Allah SWT. (humas_haswada)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top