SMP & SMA Hasanuddin Wajak

asesmen nasional berbasis komputer (anbk) smp hasanuddin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan upaya penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar hingga menengah. Pelaksaan kegiatan ANBK ini dilaksanakan secara online. Kegiatan ANBK ini diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan mengacu pada input, proses, dan output pembelajaran di sekolah tingkat pendidikan.

ANBK kali ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada Senin dan Selasa, tanggal 18 dan 19 September 2023. Pelaksanaan ANBK di SMP Hasanuddin dilaksanakan menjadi dua sesi, dengan empat puluh lima siswa sebagai peserta inti dan lima anak sebagai cadangan.

Ada tiga instrumen penilaian dari ANBK, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur kemampuan literasi dan numerasi pada siswa. Kedua Survei Karakter yang menilai sikap, keyakinan, dan kebiasaan yang menerminkan karakter siswa, dan yang terakhir tentang Survei Lingkungan Belajar dimana mengukur kualitas aspek input serta proses belajar mengajar di kelas ataupun tingkat satuan pendidikan. Sesuai dengan yang di Sampaikan oleh Kepala SMP Hasanuddin Bapak Hadi Syitno S,Pd ANBK ini diharapkan bisa menjadi sebuah jembatan untuk meningktakan mutu sekolah terutama di SMP-SMA Hasanuddin, baik siswa, karakter, maupun proses belajar mengajar disekolah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top