Pembelajaran berdiferensiasi adalah teknik instruksional atau pembelajaran di mana guru menggunakan berbagai metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individual setiap siswa sesuai dengan kebutuhan mereka. Kebutuhan tersebut dapat berupa pengetahuan yang ada, gaya belajar, minat, dan pemahaman terhadap mata pelajaran. Pembelajaran dan penilaian berdiferensiasi bertujuan untuk mengantarkan siswa dalam aspek pengetahuan, keterampilan, serta karakter siswa. Dalam pelaksanaannya pembelajaran ini harus mampu melayani keberagaman yang dimiliki oleh siswa. Hal tersebut adalah beberapa aspek yang ada dalam pemebelajaran berdiferensiasi yang di samapaikan oleh Bapak Pi’i, M.M selaku pengawas SMAS Kab. Malang.
Pada kegiatan IKM yang dilaksanakan di hari Rabu, 19 Oktober 2023 ini ibu Kepala Sekolah Ibu Ratna Faradisa, M.Pd juga menyampaikan bahwa “Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan, peningkatan kompetensi dengan memerhatikan setiap perubahan yang ada.” Dengan harapan kegiatan ini bisa menjadi sarana bagi para pendidik di SMP-SMA Hasanuddin lebih berkembang, inovatif, serta selalu memusatkan pembelajaran pada siswa.